0



Tahukah anda Cara ampuh mengatasi Laptop lemot? Mungkin anda dibuat pusing dan bingung karena laptop anda lemot, loadingnya lama, sehingga anda akan menunggu lama sampai loadingnya selesai. Mungkin juga laptop akan not responding dan kemungkinan juga sampai hang? Yang perlu anda lakukan adalah segera mungkin mengatasi masalah tersebut agar laptop anda dapat bekerja maksimal. Ingin tahu caranya?? Cara ini juga dapat dipakai untuk komputer.
Berikut adalah beberapa penyebab kenapa komputer atau laptop menjadi lambat, silahkan anda baca satu persatu dan coba terapkan di komputer anda. Karena keenam faktor berikut adalah faktor yang umum ataupun sering terjadi.
1.      File temp. yang terlalu besar.
Ketika kita mengakses Internet melalui komputer kita, maka komputer akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temp (Baca juga: Cara membersihkan file temporary Internet). ketika folder ini sudah sangat besar, bisa jadi ini akan memperlambat kinerja komputer anda. Cara yang paling mudah adalah dengan membersihkan folder tersebut dengan menggunakan software 'seperti Ccleaner' dan lain lain.
2.      Terlalu banyak program yang terinstall
Akibat banyak penginstalan aplikasi ataupun software yang tidak perlu, dan sobat segeralah uninstall softwarenya pada (lihat gambar) (tekan Logo Windows ) > pilih control panel, PIlih uninstall, Lalu sobat uninstall dulu software yang tidak perlu, cth seperti baidu, pc paster, babylon, ask gtuh atau yang sobat tidak pakai lagi, agar kinerja ramnya lebh minim lg dalam bekerja :)
3.      Spesifikasi komputer lebih rendah dari spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi
Jika komputer anda sudah bisa bekerja mulus tetapi pada saat bermain game komputer anda terasa sangat berat danlambat, itu berarti game yang anda jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Usahakan untuk melihat 'system requirement' game tersebut agar anda bisa membandingkannya dengan kemampuan komputer anda.
4.      Spesifikasi komputer sudah terlalu jadul Ini adalah kasus yang paling umum.
 Spesifikasi komputer yang anda gunakan perlu diupgrade agar komputer bisa berjalan lancar. Usahakan komputer anda sudah menggunakan processor dual core dan ram minimal sebesar 2GB. Ini adalah spesifikasi requipment bagi pengguna windows 7. Bila anda masih menggunakan spesifikasi dibawah yang sudah disebutkan diatas, akan dimungkinkan pengoperasian windows anda akan lemot.
5.      Kerusakan pada komponen komputer
Komputer anda bisa melambat kinerjanya jika terjadi kerusakan pada komponen komputer, contohnya pada hardisk. Hardisk adalah komponen yang paling peka. Contohnya adalah hardisk bad sector. Komputer anda akan berjalan sangat lambat sekali jika terjadi kerusakan seperti ini. Solusinya adalah mengganti dengan hardisk baru.
6.      Karena virus
Biasakan untuk selalu mengupdate database antivirus anda untuk menghindar serangan virus yang bisa memperlambat kinerja komputer anda.
Itulah beberapa masalah dan cara mengatasi laptop yang berjalan lambat atau lemot. Silahkan rawat laptop anda sebaik mungkin. Lakukan pembersihan terhadap sampah yang tidak digunakan seperti system register dan temporary seperti yang sudah dijelaskan diatas. Semoga artikel saya kali ini membantu bagi pengunjung blog saya, terimakasih sudah mampuir disini.



Posting Komentar

 
Top